Solusi PSBB Chemstation Asia: Arupa Cloud Desktop

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Solusi PSBB Chemstation Asia: Arupa Cloud Desktop

Perusahaan

Chemstation Asia

Industri

Chemical, Manufacture, Distribution, and Logistic.

Kebutuhan Bisnis

Kami berusaha untuk tetap beraktifitas dalam situasi pandemic yang saat ini sedang terjadi di Indonesia. Kami pun mencoba mencari jalan alternatif agar kami bisa bekerja seperti biasanya. Yang dapat diartikan pekerja perusahaan CSA bisa bekerja tanpa harus ke kantor di saat masa PSBB maupun lockdown seperti saat ini.

Solusi

Sebagai perusahaan yang memiliki karyawan dalam jumlah besar, kami merasa bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan dan keselamatan pekerja. Kami memilih Arupa Cloud Desktop (ACD) untuk membantu perusahaan selama WFH. Selain itu, karena sistem keamanan data dan share data yang baik, user bisa melakukan kolaborasi data lain dari server atau local storage yang kami punya dengan aman.

Kenapa Memilih Arupa Cloud Desktop?

Di 2019 lalu, kami menggunakanan layanan Zettagrid khusus di cloud server data center. Sistem ini sebenarnya berfungsi untuk memindahkan data collection server dari on premise ke cloud dan itu cukup berhasil kurang lebih 70%. Kemudian berikutnya sales Zettagrid sendiri yang memberikan kami inovasi baru untuk konsep ACD ini. Awalnya, kami tidak begitu aware dengan konsep ini. Kami berpikir untuk apa perusahaan membuat cloud lagi kalau kami saja sudah punya cloud server.

Ternyata, setelah didalami lagi, konsep ACD ini mirip dengan konsep yang pernah digunakan perusahaan di tahun 2010 saat menggunakan VM client. Kemudian kami berpikir perusahaan mungkin bisa fokuskan ACD ke beberapa fitur seperti email, karena tidak semua user bisa install email di handphone dan pc masing-masing dan ternyata berhasil. Tidak hanya untuk olah email, bahkan ACD juga bisa mengkolaborasikan data dan cloud Microsoft di servernya, juga menerapkan sistem remote desktop protocol (RDP).

Selain itu, kami menganggap bahwa ACD sesuai untuk diimplementasikan di perusahaan karena melihat kompetensi dan pemahaman IT karyawan. Perusahaan CSA saat ini memiliki karyawan dengan generasi yang berbeda. Jadi, ketika kami memilih ACD, sistem ini tidak memberi kesulitan pada karyawan kami, terutama untuk karyawan senior.

Sistem ACD juga mampu mengakses data maupun menyediakan sistem kerja seperti saat di kantor, walaupun saat ini perusahaan sedang tidak menerapkan sistem Work From Office (WFO). Dari sisi keamanan, kami melihat ACD memiliki sistem keamanan data yang baik. Jadi, karyawan mampu melakukan penggabungan maupun perubahan data pada satu server dan local storage yang perusahaan punya.

Apa Manfaat dari penggunaan ACD bagi PT Chemstation Asia?

  •   User-Friendly

Semenjak ACD menjadi solusi WFH, karyawan menjadi lebih antusias dalam menggunakan devicenya. Hal ini dikarenakan oleh RAM, CPU, dan hardisk yang dapat diatur sendiri secara maksimal oleh penggunaannya. Sehingga, dapat digunakan secara leluasa.

Penggunaan ACD yang difokuskan kepada RDP dan browser juga membuat kami lebih hemat dalam memakai jaringan internet. Hal ini dikarenakan penggunaan RDP yang hanya membutuhkan kurang lebih 1 Megabyte. Jadi, penggunaan jaringan internet tidak begitu banyak memakan biaya.

 

  • Sistem IT Yang Mudah Diatur 

 

Sejak perusahaan beralih menggunakan sistem ACD, sistem IT dapat lebih mudah diatur. Hal ini dikarenakan penambahan konfigurasi sistem baru dan device baru, serta konektivitas server dapat lebih mudah digunakan oleh kami. Data pun dapat lebih aman terjaga di pusat server. Jadi, kami tidak perlu khawatir lagi jika infrastruktur gedung maupun jaringan internet mengalami masalah.

 

Bagaimana Mengimplementasikan Arupa Cloud Desktop?

ACD mendapatkan respon positif dari karyawan tidak hanya karena storagenya yang besar, tetapi juga sistemnya yang mudah digunakan. Karyawan juga lebih antusias karena RAM, CPU, dan hardisk dapat diatur sendiri daya maksimumnya.  Cukup dengan mengklik remote desktop, kami sudah bisa mengakses komputer seperti biasa. Begitu juga untuk mencetak dokumen yang dimiliki. Jadi, tidak dibutuhkan waktu lama untuk melatih karyawan kami.

Bagaimana Penggunaan ACD Pada Aplikasi?

Berbagai aplikasi menjadi lebih mudah digunakan semenjak adanya penggunaan ACD. Perusahaan sekarang juga dapat lebih berfokus dalam mengatur email, aplikasi internal, dan aplikasi yang berhubungan dengan data-data yang ada di Amerika dan Singapore. Selain itu, penggunaan RDP pada ACD juga berhasil diterapkan sehingga memudahkan kami dalam mengakses email, data screening, hingga aplikasi langsung dari database tanpa mengurangi sistem keamanan cloud. Perusahaan juga dapat mengkolaborasikan data server dengan Azure Active Directory, melakukan konfigurasi, dan integrasi antara dua VDC utama yang ada di pusat data cloud.

Apa Tantangan Dalam Menggunakan ACD?

ACD ternyata memberikan tantangan tersendiri bagi kami. Karyawan yang menggunakan sistem ini dapat dikatakan lebih leluasa untuk mengakses data, aplikasi, dan memori dari pada biasanya. Hal ini kemudian berdampak pada lebihnya sistem RAM dan CPU. Akibatnya, kami perlu menganalisa kembali RAM dan CPU yang sesuai untuk penggunaan di masa mendatang.

Apa Perbedaan yang Dirasakan?

  •      Dapat Melakukan Konfigurasi Sistem Di Manapun dan Kapanpun

Selain bisa bekerja di manapun dan kapanpun, ACD juga memudahkan perusahaan untuk melakukan konfigurasi dalam waktu apapun. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya ketika server belum menggunakan cloud. Kami bahkan harus melakukan konfigurasi keamanan secara manual dengan membutuhkan jaringan internet dan menunggu konfigurasi hingga selesai. Akibatnya, aktivitas lain pun terganggu.

Namun setelah menggunakan ACD dari layanan Zettagrid Indonesia, kami tidak perlu khawatir lagi. Sebab, tim Zettagrid membantu proses konfigurasi sistem hingga selesai. Jadi, tim IT perusahaan hanya perlu untuk melakukan print screen dan mengirimkan hasilnya ke tim support untuk dikonfirmasi.

  •  Infrastruktur Berubah Drastis

Saat ini, kami tidak lagi mengkhawatirkan sistem jaringan, konfigurasi, hingga storage lokal, karena telah disediakan oleh ACD. Namun sebaliknya, kami kini lebih memperhatikan penggunaan layanan cloud yang saat ini tengah populer. Kami perlu lebih fokus dan mengupdate sistem layanan tersebut agar sistem IT tidak tertinggal jauh.

  •   Kepercayaan Dari Manajemen Perusahaan

Selama menggunakan ACD, kami sekarang dapat meraih kepercayaan manajemen terkait keamanan data yang tersimpan pada cloud perusahaan di Indonesia. Sebelumnya, manajemen belum mampu mempercayakan PT Chemstation Asia Indonesia dalam menyimpan data-data penting. Sehingga, penyimpanan lebih banyak dilakukan di perusahaan Singapore dan Malaysia, karena konfigurasi dan keamanannya yang terjamin. Tetapi sekarang, manajemen telah memberi kesempatan kepada kami untuk mengatur sistem data dan aplikasi pada perusahaan di Indonesia.

  •  Efisiensi Biaya IT

Dengan ACD, kami sekarang bisa mengefisiensikan biaya IT. Hal ini dikarenakan layanan yang digunakan perusahaan hanya berupa remote desktop secara server. Sehingga, penggunaan server di on-premise dapat dibuang sedikit menggunakan sistem cloud.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin melakukan free trial solusi Arupa Cloud Desktop, Anda dapat menghubungi kami di sales@zettagrid.id atau di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hosting
Shared Hosting
Dedicated Server
Cloud Virtual (VPS)
Domain Names
Support
myArupa
Knowledge Base
Contact Us
FAQ
Company
About Us
Features
Blog
Legal
©2020 Arupa - All rights reserved
Payments We Accept